Tugas Mandiri 3

Nama               :   Galant Fadhila

NIM                 :   0903015059

Mata Kuliah     :   Kapita Selekta Informatika 7A

Dosen               :   Aris Martono

Tugas Mandiri 3

Mencari Artikel tentang perkembangan perusahaan multinasional di dunia berdasarkan data yang dikeluarkan lembaga resmi dunia.

Ketentuan :

–       Minimal 4/5 halaman.

–       Spasi rapat dan di print di kertas a4.

–       Sebutkan sumber resminya dan tanggal aksesnya

–       Dikumpulkan minggu depan, di upload ke wordpress masing-masing.

Jawab

 1.  Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional atau PMN adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.

Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagai para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi politik.

Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.

PMN seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan.

Perusahaan multinasional pertama muncul pada 1602 yaitu Perusahaan Hindia Timur Belanda yang merupakan saingan berat dari Perusahaan Hindia Timur Britania.

 

2.   Perkembangan Perusahaan Multinasional didunia

BMW

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Bayerische Motoren Werke AG
BMW.svg
Jenis (FWB: BMW)
Industri Otomotif
Didirikan 1916
Pendiri Franz Josef Popp
Kantor pusat München, Jerman
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Norbert Reithofer (CEO), Joachim Milberg (Chairman of the supervisory board)
Produk Mobil, Sepeda, Sepeda Motor
Pendapatan 60.48 milyar (2010)[1]
Laba usaha €5.094 milyar (2010)[1]
Laba €3.218 milyar (2010)[1]
Jumlah aset €108.87 milyar (akhir 2010)[1]
Jumlah ekuitas €23.10 milyar (akhir 2010)[1]
Karyawan 95,450 (akhir 2010)[1]
Anak perusahaan Rolls-Royce Motor Cars
BMW Motorrad
Husqvarna
MINI
Situs web bmw.com

Logo BMW adalah sebuah lingkaran (dikenal sebagai sebuah roundel) dibagi menjadi quadrant bergantian putih dan biru muda. Ini merupakan representasi dari sebuah pendorong pesawat. Warna dari logo diambiil dari bendera Bavaria.

BMW (singkatan untuk Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works), adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW AG adalah perusahaan induk dari merk mobil MINI dan Rolls-Royce, dan, dulunya Rover. BMW dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi ABS.

Daftar isi

[sembunyikan]

Sejarah perusahaan

Kantor pusat BMW di München, Jerman

BMW mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun 1917. Akhir dari Perang Dunia I tahun 1918, BMW dipaksa untuk berhenti memproduksi mesin pesawat terbang karena adanya Perjanjian Versailles.[2] Perusahaan ini beralih untuk memproduksi sepeda motor tahun 1923 setelah perjanjian itu mulai dilonggarkan,[3] dan mulai memproduksi mobil tahun 1928/29.[4][5][6]

Tahun 1992, BMW mengakuisisi perusahaan studio desain industri di California DesignworksUSA, dan mengakuisisi penuh tahun 1995. Tahun 1994, BMW membeli perusahaan otomotif Inggris Grup Rover[7] (dimana pada saat itu ada merek Rover, Land Rover dan MG dan juga hak atas merek yang sudah tidak lagi diproduksi yaitu Austin dan Morris) dan memilikinya selama 6 tahun. Tahun 2000, Rover mengalami kerugian besar dan BMW pun menjualnya. Merek MG dan Rover dijual ke Phoenix Consortium untuk membentuk MG Rover, sedangkan Land Rover diambil alih Ford. BMW akhirnya mendirikan merek sendiri yang ia namai MINI, yang diluncurkan tahun 2001.

Produksi

Pada tahun 2006, Grup BMW (termasuk Mini dan Rolls-Royce) memproduksi 1.366.838 unit mobil yang diproduksi di 5 negara.[8] Tahun 2010, meningkat menjadi 1.481.253 unit mobil dan 112.271 unit motor (dengan merek BMW dan Husqvarna brands).[1]

Mobil-mobil yang diproduksi oleh BMW 56% merupakan mobil bensin dan 44 % sisanya mobil diesel. Dari mobil-mobil bensin itu, 27% memakai mesin 4 silinder dan 9% memakai mesin 8 silinder. [9]

Produksi per tahun

Year BMW MINI Rolls-Royce Sepeda motor
2005 1.122.308 200.119 692 92.012
2006 1.179.317 186.674 847 103.759
2007 1.302.774 237.700 1,029 104,396
2008 1.203.482 235.019 1.417 104.220
2009 1.043.829 213.670 918 82.631
2010[1] 1.236.989 241.043 3.221 99.236

Produksi berdasarkan negara

Negara Memproduksi 2006 2008 Model
Jerman BMW 905.057 901.898 Lainnya
Meksiko BMW 1.500 100.000[10] BMW X3, X5, 3, 5, 7-series
Rusia BMW 1.500 2.000 BMW X5, X6, 5-series
Britania Raya Mini 187.454 235.019 Semua model MINI
Rolls-Royce 67 1.417 Semua model Rolls-Royce
Austria BMW 114.306 82.863 BMW X3
AS BMW 105.172 170.741 BMW X5, X6
Afrika Selatan BMW 54.782 47.980 BMW 3-Series
Total 1.366.838 1.439.918

BMW juga mempunyai pabrik perakitan komponen di Thailand, Rusia, Mesir, Indonesia, Malaysia, dan Chennai, India untuk seri 3, 5, 7, dan X3.[11]

Penjualan global

Penjualan total di seluruh dunia berdasarkan laporan tahunan BMW.

Year BMW MINI Rolls-Royce Sepeda motor
2000 822.181
2001 880.677
2002 913.225
2003 928.151
2004 1.023.583
2005 1.126.768 200.428 796 97.474
2006 1.185.088 188.077 805 100.064
2007 1.276.793 222.875 1.010 102.467
2008 1.202.239 232.425 1.212 101.685
2009 1.068.770 216.538 1.002 87.306
2010 1.224.280 234.175 2.711 98.047

Mobil

BMW 3-Series (E90)

Seri 1 yang diluncurkan tahun 2004 adalah mobil BMW yang paling kecil, tersedia dalam 2 model yaitu koupe/konvertibel (E82/E88) dan hatchback (E81/E87). Seri 3 masuk dalam mobil kompak eksekutif, mulai diproduksi tahun 1975, sekarang memasuki generasi kelima dari (BMW E90); model-model yang tersedia antara lain sedan sport (E90), station wagon (E91), koupe (E92), dan konvertibel (E93). Seri 5 adalah sedan eksekutif mid-size, tersedia dalam versi sedan (E60) dan station wagon (E61). Seri 5 Gran Turismo (F07) yang dimulai mulai tahun 2010, akan mengisi segmen di antara mobil kelas station wagon dan crossover SUV.[12]

BMW 7-Series (F01)

Jajaran mobil teratas BMW adalah sedan full-size eksekutif Seri 7. BMW juga banyak memperkenalkan teknologi barunya di BMW Seri 7 ini, seperti sistem iDrive.Seri 7 Hidrogen juga termasuk dalam salah satu mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia, emisinya hanya berupa uap air. Ada juga Seri 6 adalah mobil mewah kelas grand touring. Mobil roadster dan coupe 2 pintu Z4 (E85) sudah dijual sejak tahun 2002.

BMW X3 SUV (E83)

X3 (E83), mobil crossover SUV pertama BMW, memulai debutnya pada tahun 2003 dan menggunakan platform Seri 3 E46/16. Menggunakan sistem penggerak 4 roda BMW yang mereka namakan BMW’s xDrive all-wheel drive. SUV lainnya, X5 (E70), dijual sejak tahun 2000. X6 dijual mulai Desember 2007 dan X1 mulai dijual tahun 2009.

  • Seri 1(E81) (2004–sekarang) Hatchback, koupe, dan konvertibel
  • Seri 3 (E90) (2005–sekarang) Sedan, koupe, konvertibel, dan wagon
  • Seri 5 (F10) (2010–sekarang) Sedan dan Wagon
  • Seri 5 Gran Turismo (2009–sekarang) Progressive Activity Sedan
  • Seri 6 (E63) (2003–sekarang) Koupe dan konvertibel
  • Seri 7 (F01) (2008–sekarang) Sedan
  • X1 (2009–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
  • X3 (F25) (2010–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
  • X5 (E70) (2006–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
  • X6 (2008–sekarang) Sports Activity Coupe
  • Z4 (E89) (2009–sekarang) Sports Roadster

BMW M

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: BMW M

BMW M3 Coupé (E92)

Berasal dari BMW seri 3, BMW M3 masuk ke dalam kelas baru dalam jajaran mobil BMW: mobil produksi siap balap. Sejak kemunculannya, BMW M3 mendapatkan antusiasme yang lumayan baik, terutama karena mesinnya yang banyak memenangkan penghargaan.

Kejuaraan

Formula Satu

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: BMW di Formula Satu

Logo tim F1 BMW Sauber.

BMW masuk sebagai konstruktor Formula Satu pertama kali pada tahun 2006.

BMW mempunyai sejarah sukses di Formula Satu. Mobil yang menggunakan mesin BMW telah memenangi 20 perlombaan.Tahun 2006, BMW mengambil alih tim Sauber dan menjadi konstruktor Formula Satu. Pada tahun 2007 dan 2008, tim ini menikmati beberapa kemenangan. Kemenangan terakhir yang diperoleh tim ini adalah di Grand Prix Kanada, tanggal 8 Juni 2008 dengan pengendara Robert Kubica. Beberapa pencapaian yang diraih antara lain:

  • Pemenang pembalap: 1 (1983)
  • Pemenang konstruktor: 0 (Runner-up tahun 2002, 2003, 2007)
  • Kemenangan Grand Prix: 20
  • Finish di podium: 76
  • Posisi Pole: 33
  • Waktu tercepat 1 lap: 33

BMW adalah pemasok mesin untuk tim Williams, Benetton, Brabham, dan Arrows. Beberapa pembalap terkenal yang memulai karirnya dengan BMW antara lain Jenson Button, Juan Pablo Montoya, Robert Kubica dan Sebastian Vettel.

Bulan Juli 2009, BMW mengumumkan kalau mereka akan keluar dari kompetisi Formula Satu setelah berakhirnya musim 2009.[13] Tim ini kembali dijual ke pemilik sebelumnya Peter Sauber, dan nama BMW Sauber berubah menjadi “Sauber” saja.

Penamaan mobil-mobil BMW

Kendaraan BMW dinamai dengan sistem penamaan tertentu, biasanya 3 digit angka yang diikuti oleh 1 atau 2 huruf. Angka pertama adalah nomor seri mobil, 2 angka berikutnya biasanya melambangkan besarnya kapasitas mesin dalam cc yang dibagi 100.[14] Meski begitu, mobil BMW yang keluar belakangan ini menggunakan 2 nomor belakang sebagai indeks performa, misalnya seri 116i, 118i dan 120i (semua mobil ini memakai mesin bensin 2.0L), seperti 325d dan 330d (keduanya bermesin 3.0L diesel) yang menggunakan blok mesin sama tapi keluaran tenaganya berbeda karena adanya setup dan turbocharger.

Sistem penamaan ini dapat digunakan secara kombinasi. Kode yang biasa diberikan antara lain:

Divisi luar negeri

Afrika Selatan

BMW sudah merakit mobil-mobilnya di Afrika Selatan sejak 1968,[15] ketika pabrik Praetor Monteerders dibangun di Rosslyn, dekat Pretoria. BMW membeli saham perusahaan itu, dan mengakuisisi penuh tahun 1975, sehingga menjadi BMW Afrika Selatan. Perusahaan ini menjadi perusahaan penuh yang dimiliki BMW pertama di luar Jerman. 3 model yang ada di pasar Afrika Selatan adalah E23 M745i (1983), BMW 333i (1986), [16] dan E30 BMW 325is (1989).

Tidak seperti pabrikan Amerika Ford dan GM, yang memilih hengkang dari negara itu tahun 1980-an, BMW tetap mengoperasikan perusahaannya di Afrika Selatan. Ketika rezim apartheid berakhir tahun 1994, dan tarif impor turun, BMW Afrika Selatan berhenti memproduksi lokal Seri 5 dan Seri 7 agar dapat berkonsentrasi untuk memproduksi BMW Seri 3. Seri 3 buatan Afrika Selatan telah diekspor ke beberapa negara dengan mobil setir kanan seperti Jepang, Australia, Selandia Baru, Britania Raya, Malaysia, Singapura, dan Hong Kong, serta Sub-Sahara Afrika. Sejak tahun 1997, BMW Afsel juga memproduksi mobil setir kiri yang akan diekspor ke Taiwan, Amerika Serikat, Iran, dan Amerika Selatan.

Mobil BMW dengan nomor identifikasi kendaraan berawalan “NC0” adalah mobil BMW yang dibuat di Afrika Selatan.

Amerika Selatan

Pabrik BMW A.S di Spartanburg.

BMW Manufacturing Co memproduksi mobil BMW seperti X5, dan belakangan X6 di Greer dekat Spartanburg, Carolina Selatan, A.S.[17] BMW X3 juga mulai dibuat di Spartanburg. BMW dengan nomor identifikasi kendaraan berawalan “4US” dan “5US” diproduksi di Spartanburg.

Tahun 2010 BMW mengumumkan kalau mereka akan berinvestasi 750 juta dolar AS untuk berekspansi di pabrik Spartanburg. Pabrik baru ini nanti bisa memproduksi 240.000 unit kendaraan baru per tahun, dan akan menjadi pabrik mobil terbesar di A.S dilihat dari jumlah karyawannya.[18]

India

BMW India didirikan pada tahun 2006 di Gurgaon (National Capital Region). Pabrik perakitan untuk Seri 3 dan Seri 5 mulai beroperasi di Chennai pada awal 2007. Konstruksi pabrik perakitan dimulai bulan Januari 2006 dengan investasi lebih dari 1 miliar rupee India. [19]

China

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Brilliance Automotive

BMW menandatangani kontrak joint ventura dengan Brilliance Automotive tahun 2003 untuk memproduksi sedan BMW di China,[20] sedangkan pembukaan pabrik bulan Mei 2004 di timur laut kota Shenyang.[21][22]

Kanada

Bulan Oktober 2008, BMW Grup Kanada diberi penghargaan salah satu dari Greater Toronto’s Top Employers oleh Mediacorp Canada Inc.[23]

Mesir

Bavarian Auto Group adalah sebuah grup perusahaan multinasional yang didirikan bulan Maret 2003 yang ditunjuk sebagai importirm mobil BMW dan Mini di Mesir. Perusahaan ini juga mempunyai hak eksklusif untuk merakit, menjual, dan melakukan perawatan terhadap produk BMW di Mesir. BAG telah berinvestasi 100 juta dolar AS di 7 perusahaan.

Sekarang, fasilitas pabrik Bavarian Auto bisa untuk merakit model BMW Seri 3, Seri 5, Seri 7 dan X3. Sedangkan model yang masih diimpor adalah BMW Seri 1, Seri 6, X5, X6 dan semua Mini.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ a b c d e f g h “Annual Report 2010” (PDF). BMW Group. http://annual-report.bmwgroup.com/2010/gb/files/pdf/en/BMW_Group_AR2010.pdf. Diakses pada 16 Maret 2011.
  2. ^ “Fliegerschule St.Gallen – history” (dalam bahasa German). Diarsipkan dari yang asli pada 28 Mei 2007. http://web.archive.org/web/20070528021613/http://www.pilotenschule.ch/geschichte.htm. Diakses pada 24 Agustus 2008.
  3. ^ Darwin Holmstrom, Brian J. Nelson (2002), BMW Motorcycles, MotorBooks/MBI Publishing Company, ISBN 076031098X, http://books.google.com/?id=8XEV3HRlBZ4C, diakses pada 24 Agustus 2008
  4. ^ Johnson, Richard Alan (2005), Six men who built the modern auto industry, MotorBooks/MBI Publishing Company, ISBN 0760319588, 9780760319581, http://books.google.com/?id=CArfq7tV0OIC&pg=PA62&dq=%22first+bmw+car%22
  5. ^ Disseminative Capabilities: A Case Study of Collaborative Product Development in the Automotive, Gabler Verlag, 26 Oktober 2008, ISBN 3834912549, 9783834912541, http://books.google.com/?id=JfAZD-WHxV4C&pg=PA74&dq=%22first+bmw+car%22
  6. ^ Kiley, David (2004), Driven: inside BMW, the most admired car company in the world, John Wiley and Sons, ISBN 0471269204, 9780471269205, http://books.google.com/?id=3LAr-jjuzj8C&pg=PA58&dq=3/15
  7. ^ Albrecht Rothacher (2004), Corporate Cultures And Global Brands, World Scientific, hlm. 239, ISBN 9812388567, http://books.google.com/?id=KdbY5QkQ64cC
  8. ^ “World Motor Vehicle Production, OICA correspondents survey 2006” (PDF). http://oica.net/wp-content/uploads/2007/07/bmw.pdf. Diakses pada 28 Agustus 2010.
  9. ^ Hilton Holloway (2011-02-11). “The future of BMW’s engines”. Autocar. http://www.autocar.co.uk/blogs/autocarconfidential/archive/2011/02/18/the-future-of-bmw-s-engines.aspx.
  10. ^ http://www.solunet-infomex.com/mexbdir/company.cfm?company=1550462_BMW_TOLUCA_PLANTA_DE_AUTOMOVILES_LERMA_Estado_De_Mexico
  11. ^ http://www.bmwgroup.com/bmwgroup_prod/e/nav/index.html?http://www.bmwgroup.com/bmwgroup_prod/e/0_0_www_bmwgroup_com/home/home.html
  12. ^ “BMW 5-Series Gran Turismo”. reported by newBMWseries.com. http://www.newbmwseries.com/2009/05/bmw-5-series-gran-turismo/. Diakses pada 22 Oktober 2009.
  13. ^BMW to quit F1 at end of season “, (BBC News), 29 Juli 2009. Diakses pada 29 Juli 2009.
  14. ^ W.P. BMW Group Canada Inc. http://www.bmw.ca
  15. ^ “Corporate Information: History”. BMW South Africa. http://www.bmw.co.za/products/automobiles/bmw_insights/history.asp.
  16. ^ “BMW South Africa – Plant Rosslyn”. Bmwplant.co.za. http://www.bmwplant.co.za/Content/frame_content.jsp@content=http-3a-2f-2fhaf0gau02~5.htm. Diakses pada 11 April 2009.
  17. ^ BMW AG (16 October 2006). Out with the old, in with the new. Siaran pers. Diakses pada 4 September 2008.
  18. ^ Bennett, Jeff, “BMW to Expand Plant in South Carolina”, 14 Oktober 2010, hlm. B5.
  19. ^ Interone Worldwide GmbH (11 December 2006). “International BMW website”. Bmw.in. http://www.bmw.in/in/en/index_narrowband.html. Diakses pada 11 April 2009.
  20. ^ General Overview Brilliance Auto Official Site
  21. ^ “BMW opens China factory – TestDriven.co.uk”. Testdriven.co.uk. 21 Mei 2004. http://www.testdriven.co.uk/news.cfm/bmw-opens-china-factory. Diakses pada 11 April 2009.
  22. ^ Brands and Products > BMW Sedan Brilliance Auto Official Site
  23. ^ “Reasons for Selection, 2009 Greater Toronto’s Top Employers Competition”. http://www.eluta.ca/top-employer-bmw-group-canada.

Pranala luar

Situs resmi perusahaan

Club dan situs web informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s