Keistimewaan Alkohol

alt

LONDON, PedomanNEWS – Banyak orang mengasumsikan bahwa dengan mengonsumsi alcohol maka segala macam penyakit akan timbul dan menjadi kecanduan padahal satu sisi minuman ini ternyata memiliki sisi-sisi baiknya juga untuk kesehatan. Sebuah jurnal kesehatan merangkum beberapa manfaat mengonsumsi alcohol bagi kesehatan tubuh.

Mengikis lemak

Alkohol bisa membantu mengurangi lemak perut. Sebuah penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan dalam The Archives of Internal Medicine menemukan bahwa wanita yang meminum satu atau dua gelas per hari lebih rendah mengalami kenaikan berat badan.

Menurut Dokter Lu Wang, dari Brigham and Women’s Hospital di Boston percaya ini disebabkan kenaikan temperatur tubuh akibat konsumsi alkohol membutuhkan kalori untuk menciptakan panas. Selain itu, wanita yang meminum alkohol cenderung makan lebih sedikit, terutama karbohidrat. Wanita juga cenderung mengeluarkan lebih banyak energi setelah meminum alkohol.

Lindungi jantung

Anggur merah telah lama diketahui sebagai obat mujarab untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, meminum anggur merah dapat memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Manfaat baik alkohol bagi kesehatan jantung disebabkan oleh kemampuan minuman alkohol untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi masalah darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Batu empedu

Batu empedu biasanya terdiri dari kolesterol yang sudah mengeras dan dapat menyebabkan rasa sakit atau kram di perut. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam porsi sedang bisa mengurangi risiko batu empedu.

Menurut peneliti Inggris, alkohol bekerja dengan cara mengurangi kolesterol dalam air empedu. Kolesterol inilah yang menjadi sumber pembentukan batu empedu.

Kurangi diabetes

Menurut penelitian di tahun 2005 yang diterbitkan dalam Diabetes Care, orang yang meminum alkohol dalam jumlah sedang sebanyak dua gelas sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Peneliti percaya dengan mengonsumsi alkohol dalam jumlah kecil dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Kesehatan otak

Mengonsumsi segelas hingga dua gelas anggur atau bir per hari bisa mengurangi perkembangan kerusakan kognitif, Alzheimer dan bentuk lain dari demensia hingga 23 persen. Para peneliti beranggapan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan kolesterol baik, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Alkohol juga dapat menguatkan sel-sel otak dan mempersiapkannya untuk mengatasi tekanan besar di kemudian hari yang dapat menyebabkan demensia.

Beberapa penjabaran yang diberikan Times of India (10/07) berikut ini.

1. Brandy
Minuman yang dibuat dari anggur ini memiliki banyak manfaat. Selain menghangatkan tubuh Anda saat cuaca dingin, brandy juga mengandung banyak antioksidan yang membantu Anda menangkal flu. Penelitian membuktikan bahwa 30 ml brandy sehari bisa memberi manfaat sama dengan dosis harian vitamin C. Selain itu, kandungan tembaga yang ada dalam brandy juga meningkatkan kadar antioksidan yang bisa mencegah stroke dan demensia.

2. Whiskey
Dibuat dari gandum dan biji-bijian lainnya, whiskey memiliki banyak variasi. Menurut para ahli, mengonsumsi satu gelas whiskey setiap hari bisa melindungi Anda dari penyakit dengan meningkatkan jumlah antioksidan dalam darah Anda.

3. Bir
Bir adalah salah satu minum alkohol fermentasi tertua di dunia. Selain bisa digunakan untuk membuat rambut berkilau, bir juga kaya serat dna mineral seperti magnesium, potasium, folat, vitamin B6 dan B12. Meski bir seringkali disalahkan karena menyebabkan obesitas, namun penelitian menunjukkan bahwa obesitas tidak disebabkan oleh bir, melainkan oleh makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan bir.

4. Wine
Wine telah dikenal sebagai minuman yang memiliki tingkat antioksidan tinggi. Selain itu, wine juga diketahui bisa memperkuat sistem imun, membangun tulang, serta menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Vodka
Orang Rusia percaya bahwa vodka adalah penyembuh bagi masalah mereka. Faktanya, dalam beberapa kebudayaan, vodka juga digunakan sebagai obat-obatan.

6. Rum
Minuman yang dibuat dari tebu ini bisa membantu memperpanjang usia dan bahkan mengurangi risiko demensia, kanker, dan stroke.

7. Tequila
Siapa yang menyangka bahwa tequila bisa meningkatkan proses pencernaan, membantu mengatasi penyakit sinus, meningkatkan endorfin di otak dan membuat Anda bahagia. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi sedikit tequila juga bisa membantu mengurangi berat badan.

Ternyata, selain memiliki efek negatif, minuman beralkohol juga punya beberapa manfaat bagi tubuh Anda. Tetapi tentu saja Anda harus memperhatikan jumlah minuman yang Anda konsumsi. Alih-alih memberi manfaat, terlalu banyak minum alkohol malah membawa penyakit bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s